Bupati Lumajang Bersama Laskar Hijau Tanam Ribuan Pohon di Lereng Gunung Lemongan

Lumajang,(DOC) - Bupati Lumajang bersama LSM laskar Hijau melaksanakan gerakan Tanam Pohon di kawasan kaki Gunung Lemongan. Gerakan itu, didahului dengan istighosah yang dipusatkan di halaman balai Desa Salak Kecamatan Randuagung.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang, Drs. As’at, M.Ag., memberikan bibit pohon secara simbolis kepada para pecinta alam.

Dalam sambutannya, Bupati As’at, M.Ag. melarang perusakan hutan lindung agar tidak mengundang bencana alam.

Dia mengharapkan pamerintah Desa Salak dan sekitarnya memperbanyak sosialisasi kepada masyarakat di sekitar kaki Gunung Lemongan, agar ikut menjaga hutan lindung agar masyarakat tidak menebang pohon di hutan Iindung.

“Marilah kita jaga lingkungan kita untuk anak cucu dari pengerusakan yang mengakibatkan tanah longsor dan kekeringan,” pesan bupati yang di informasikan Humas Pemkab, Selasa (9/1/2018).

Sementara Ketua LSM Laskar’ Hijau, Abdullah al Kudus (Gus 'Aak) melaporkan, terdapat titik longsor di sisi tenggara Gunung Lemongan. Penghijauan kali ini akan menanam 25.000 bibit pohon untuk ditanam di kaki Gunung Lemongan tersebut.

Diharapkan penanaman pohon yang ditanam agar bisa diawasi oleh Perhutani yang dibantu oleh masyarakat sekitar Lereng Gunung Lemongan,

“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mencegah bencana longsor clan potensi bencana lainnya,” katanya.

Dengan semakin banyaknya pohoh di kawasan hutan lindung, nantinya sumber mata alr Ranu Kembaryang berada di lereng Gunung Lemongan dapat hidup kembali.

"Menjaga kelestarian air berarti menjaga kehidupan kita, jangan sampaj krisis sumbermata air mendatangkan air bagi kita,” ujar Aak.

Gerakan diikuti oleh unsur personel dam TNI, Polri, BPBD, Perhutani, Laskar Hijau, Pecinta Alam dari berbagai perguruan Tinggi. Kali ini, tidak kurang dari 25.000 bibit pohon di tanam di kawasan kaki Gunung Lemongan.(Mam)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar