Tak Puas Janji Bupati Lumajang, Ratusan Massa Penambang Tradisional Ngeluruk DPRD dan Pemkab

Lumajang,(DOC) - Ratusan massa tergabung dalam paguyuban  tambang tradisional (putra) menggelar unjuk rasa di kantor DPRD dan di Kantor Pemerintah Kabupaten Lumajang. Senin (11/1/2016).

Kedatangan aksi massa ini dengan mengendarai puluhan truk ini, mereka merasa tidak puas dengan Bupati  Lumajang As'at Malik karena tidak memenuhi janjinya terhadap penambang tradisional.

Aksi massa putra ini menuntut janji Bupati Lumajang agar memberikan rekomendasi  bagi para penambang tradisioanal di aliran DAS semeru agar para penambang tradisioanal bisa kembali menambang setelah pasca ditutupnya aktivitas penambangan di Lumajang.

"Saya ini merasa tidak puas dengan sikap Bupati tidak menempati janjinya. Disini kami datang  bersama ratusan massa ini mengantungkan hidupnya dari pasir sungai, disini juga menolak adanya alat berat yang ada dikawasan DAS Semeru, sebab bisa merusak lingkungan sungai," ujar  Agus para pengujuk rasa.


"Kedatangan kami disini ingin menagih janji Bupati Luamjang agar mengeluarkan rekomendasi bagi penambang tradisional agar bisa kembali menambang,"kata Ketua Koordinator aksi Mashur Hidayat.

Menurutnya, Dalam tiga bulan penambang tradisional tidak bisa menambang, kemudian panguyuban putra melakukan audensi dengan Bupati Lumajang, distu menghasilkan bupati memberikan bantuan, dan kemudahan serta rekomendasu pengurusan IUP.

"Beberapa bulan belum ada tanda-tanda janji terealisasi para penambang tidak bisa menambang. Disini kami menagih janji Bupatiagar mengeluarkan rekomendasi,"ungkapnya.

Setelah itu 10 perwakilan pengujuk rasa diterima sejumlah anggota Dewan. Dalam dialog berlangsung di Gedung DPRD Lumajang perwakilan massa Putra agar para anggota Dewan mendukung langkah dan mendesak Bupati untuk segera mengeluarkan ijin yang sudah diurus.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Lumajang, Syamsul Huda mengatakan, akan mengawal para penambang tradisioanal ke Pemkab Lumajang, tetapi kami tidak bisa mengambil keputusan. "karena saya adalah sebagai wakil rakyat jadi kita membantu dan mengawal,"ujarnya.(IF)
Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar