Pulihkan Ekosistem Pendakian Gunung Semeru Ditutup Total

Lumajang,(DOC) - Sejak hari Senin (4/1/2016) Januari lalu, Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNTBTS) menutup jalur pendakian Gunung Semeru. Penutupan yang dilakukan TNTBTS ini untuk memulihkan ekosistem di Gunung tertinggi di pulau Jawa.

"Penutupan pendakian rutin dilakukan setiap tahun untuk upaya memulihkan ekosistem Gunung Semeru,"kata Kepala TNBTS Ayu Dewi utari.

Menurut dia, Maksud dan tujuan untuk upaya pemulihan ekosistem gunung semeru ini dilakukan karena terjadinya badai dikawasan gunung semeru yang berakibat rawan bagi para pendakian, Dan juga banyak sampah dijalur pendakian yang harus dilakukan pembersihan.

"Penutupan pendakian kegunung semeru berketinggian 3.676 meter dari permukaan laut ini harus dilakukan pemulihan ekosistem, karena  pada bulan Januari dipredik curah hujan cukup tinggi, sehingga terjadi cuaca buruk dijalur pendakian,"Ujar Ayu.

Seperti di kutip D-onenewslumajang.com dari situs TNBTS tentang Pengumuman penutupan jalur pendakian semeru, yakni Diberitahukan bahwa terkait upaya pemulihan ekosistem, serta terjadinya badai di kawasan Gunung Smeru, diumumkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan bahwa jalur pendakian Gunung Semeru terhitung sejak tanggal 4 Januari 2016 ditutup total untuk umum, sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Surat penguman Kepala Balai Besar TN. Bromo tengger Semeru Nomor : PG 220/BBTNBTS.3/2015 tanggal 22 April tentang pembukaan Jalur pendakian Gunung Semeru dinyatakan tidak berlaku.(IF)

Share on Google Plus

About D onenews Lumajang

Berita www.d-onenewslumajang menampilkan berita terkini dan terbaru. Kami, anda dan Kabar Berita

0 Comments:

Posting Komentar